Bagian 1 (READING)


Kompetensi 
Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).


Indikator
  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation, schedule.
  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive
  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount
  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative
  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.


Bagian 2 (WRITING)


Kompetensi 
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. 



Indikator
  • Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana. 
  • Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana. 
  • Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
  • Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna. 

by BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan)

Sumber https://englishahkam.blogspot.com/